wisata goa pindul

Objek Wisata Goa Pindul yang Menarik dan Sayang untuk dilewatkan!

Wisata Goa Pindul – Provinsi Yogyakarta dikelilingi oleh banyak wisata yang perlu dikunjungi dengan keindahan dan keunikannya, termasuk wisata Goa Pindul ini. Goa Pindul termasuk wisata kekinian yang banyak dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata yang berlokasi di Gunung Kidul ini memiliki pesona yang tak terelakkan. Goa Pindul merupakan objek wisata alam dengan menyusuri goa bawah tanah yang dialiri oleh aliran sungai sepanjang lorong.

Ikon wisata dari Gunung Kidul ini menawarkan petualangan yang membutuhkan keberanian untuk aktifitas cave tubing dengan menggunakan ban besar demi menyusuri Goa Pindul. Berikut akan dijelaskan mengenai Goa Pindul yang menarik:

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Wisata ini berada di Desa Bejiharjo, kab. Gunung Kidul. Wisatawan mengemudi ke Jalan Wonosari dan berjalan lurus ke Pathuk dan Wonosari. Jika menemukan bundaran Siyono, lurus hingga perempatan besar. Kemudian belok kiri menuju Desa Bejiharjo, akan disambut oleh warga pemandu.

Mendatangi wisata Goa Pindul cukup relatif terjangkau, tergantung dengan aktivitas yang dilakukan di arena sana. Masuk ke Goa Pindul hanya merogoh sekitar Rp40.000 per orang. Namun, jika ingin ke wahana atau menikmati permainan lainnya, wisatawan perlu membayar lagi setiap arena tersebut.

Ragam Aktivitas Wisata Goa Pindul

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Goa Pindul, dapat menikmati ragam aktivitas wisata disini. Mulai dari menelusuri goa, melakukan cave tubing, menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit, dan lain sebagainya. Lebih rinci nya, simak berikut ini.

1. Cave Tubing Goa Pindul

Cave tubing merupakan kegiatan yang perlu dilakukan dan dinikmati oleh pengunjung ketika ke Goa Pindul. Wisata ini terdapat 3 zona, yakni zona terang, remang dan gelap. Aktivitas cave tubing menelusuri 3 zona tersebut dengan waktu sekitar 45 menit dengan biaya Rp50.000,-.

Cave tubing seperti kegiatan rafting atau arung jeram, yaitu sama-sama menelusuri sungai. Perbedaannya yaitu rafting menggunakan perahu, sedangkan cave tubing menggunakan ban dalam sebagai medianya dan arus air cukup tenang. Wisatawan akan mendapatkan asuransi, rompi, guide, sepatu karet, ban dan jaket pelampung.

2. River Tubing Kali Oyo

Jika belum puas dengan Wisata Goa Pindul, wisatawan dapat menikmati dan menelusuri Kali Oyo. Wisata ini terbagi atas 2 track, yakni track pendek dan panjang. Track pendek menelusuri Sungai Oya sepanjang 2 km selama 1 jam dengan biaya Rp45.000,- per orang.

Perbedaan antara track pendek dan panjang yaitu dari segi jarak penelusurannya. Track panjang yaitu menelusuri sungai sepanjang 5-6 km dengan biaya Rp65.000,- per orang. Akan tetapi fasilitas yang didapatkan sama yakni jaket dan ban pelampung, sepatu karet, asuransi, transportasi serta guide.

3. Goa Gelatik

Jika tidak ingin beraktifitas yang basah, pengunjung bisa menikmati wisata Goa Gelatik ini. Aktivitas ini berupa jalan kaki atau tracking goa kering selama 40 menit. Akan disajikan pemandangan indah dari stalaktit, stalagmit dan lorong-lorong goa.

Biaya yang dikeluarkan untuk wisata ini yaitu sebesar Rp30.000,- per orang. Adapun fasilitas yang akan didapatkan yakni berupa headlamp, guide, sepatu karet, oksigen dan juga asuransi. Jika tertarik untuk melihat yang ada di dalam goa, pengunjung bisa memilih paket wisata ini.

4. Kuliner Khas Goa Pindul

Terakhir, pengunjung tak perlu takut jika kelaparan karena terdapat juga wisata kuliner di Goa Pindul. Kuliner ini menyajikan menu khas yang menjadikannya ciri khusus daerah ini. Selain itu, jika merasa lelah setelah menikmati wisata yang ada, pengunjung bisa menikmati secangkir wedang jahe.

Nasi trancam merupakan menu hidangan utama dari kuliner Goa Pindul. Nasi ini berisikan sayur-sayuran seperti kecambah, kemangi dan daun lamtoro. Sayuran tersebut dicampur dengan sambal kelapa parut.

Itulah info mengenai wisata Goa Pindul, mulai dari rute akses kesana, harga tiket, hingga wisata yang bisa dinikmati disana. Tentunya semakin tertarik untuk mengunjunginya bukan?. Goa pindul ini dapat ditambahkan di daftar list liburan,bagi yang ingin berlibur di jogja.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *