mandala wisata wenara wana

Mandala Wisata Wenara Wana. Lokasi, HTM, dan Daya Tarik Bagi Wisatawan

Mandala Wisata Wenara Wana adalah salah satu destinasi wisata cagar alam. Di dalamnya, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang sejuk, pesona candi, hingga habitat monyet berekor panjang.

Wisata ini cukup terkenal di Bali. Selain menikmati wisata alam, pengunjung bisa menikmati ribuan satwa yang ada di sana. Uniknya, objek wisata ini telah ditinggali kera yang jumlahnya mencapai ratusan ekor.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala Wisata Wenara Wana berlokasi di Jl. Monkey Forest, Desa Padang Tegal, Ubud, Gianyar, Bali. Apabila pengunjung berangkat dari objek wisata Garuda Wisnu Kencana, maka diperlukan jarak 45 km untuk bisa tiba di lokasi.

Pengunjung bisa datang pagi hingga sore yaitu pukul 9 dan maksimal 5 sore. Untuk pembelian tiket terakhir yaitu pukul setengah 5 sore. Untuk tiket masuknya yaitu Rp 60 ribu/orang untuk dewasa. Sedangkan anak-anak yaitu kisaran Rp 40 ribu/orang.

Daya Tarik dari Mandala Wisata Wenara Wana

Setiap objek wisata tentu memiliki daya tarik yang membuat wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Begitu pula dengan Mandala Wisata Wenara Wana. Terdapat beragam daya tarik yang sayang untuk dilewatkan, antara lain:

Baca juga : Wisata Taman Safari

1. Memiliki Sejarah yang Cukup Menarik

Objek wisata ini dibangun, karena ingin melestarikan kawasan berdasarkan konsep kepercayaan yang dianut masyarakat Bali. Konsep ini merupakan salah satu filosofi yang memiliki arti yaitu 3 cara untuk bisa memperoleh kesejahteraan baik secara lahir maupun batin.

Dengan penerapan konsep ini, maka menjadi keunggulan tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini karena objek wisata ini mampu menciptakan harmoni dan kedamaian bagi setiap pengunjung yang datang.

2. Merupakan Cagar Alam Dalam Bentuk Kompleks Candi

Dalam pembuatan wisata ini, dibentuk menjadi kompleks candi meskipun sebenarnya merupakan salah satu wisata cagar alam. Oleh karena itulah, pengunjung bisa mengitari area candi yang ada di kawasan objek wisata ini.

Berada di kawasan hutan, wisatawan akan merasa hawa yang sejuk karena banyak pepohonan rindang. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen dan mengetahui harmonisasi kehidupan di alam tersebut.

3. Terdapat Ratusan Kera yang Hidup Secara Liar

Daya tarik yang paling menonjol dari Mandala Wisata Wenara Wana ialah terdapat sekitar 600 ekor kera Bali berekor panjang. Kera-kera tersebut hidup secara bebas di kawasan wisata tersebut. biasanya kera akan sangat aktif di siang hari.

Baca juga : Wisata Jonggol Garden

Wisatawan diperbolehkan untuk membawa makanan untuk diberikan pada gerombolan kera tersebut. Namun, wisatawan tetap diminta untuk waspada dan menjaga etika selama berkunjung agar tetap aman.

4. Alamnya Dirawat dengan Baik

Keindahan alam yang ditemukan di objek wisata ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Hal ini bisa diliat dari tumbuhan hijau yang sangat lebat dan banyak ditemukan di sana. Selain itu, juga terdapat tanaman umbi-umbian yang bisa digunakan untuk makanan kera.

Para wisatawan, tentu akan sangat nyaman karena bisa menikmati kesejukan di kawasan wisata ini. Hal tersebut, tentu saja berkat para pengelola wisata yang mampu merawatnya dengan baik.

5. Keindahan 3 Pura

Jika masuk ke objek wisata ini, pengunjung akanĀ  menemukan 3 pura di dalamnya. Setiap pura memiliki nama yang berbeda. Dari 3 puta tersebut, terdapat 1 pura yang digunakan sebagai tempat untuk memuja dewa Siwa.

Tidak hanya berwisata, dengan mengunjungi Mandala Wisata Wenara Wana tentu banyak pengalaman yang akan didapatkan. Banyak nilai sejarah yang bisa dipelajari dengan konsep menurut ajaran yang dianut masyarakat Bali yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *