Penyebab Wifi Lemot di HP

Penyebab Wifi Lemot di HP

Penyebab Wifi Lemot di HP – Lemotnya jaringan Wifi di handphone (HP) ataupun laptop tentunya sangat mengganggu aktivitas kita saat berselancar di dunia maya. Pada umumnya menggunakan Wifi itu di kampus, cafe, kantor, ataupun milik pribadi di rumah, dan lainnya. Nah, permasalahannya jika jaringan wifi sudah tidak lancar maka, harus segera dicari penyebab wifi lemot di hp.

Dengan mengetahui penyebab lemotnya wifi kita dapat tahu mengenai cara mengatasi jaringan Wifi lemot di HP ataupun laptop. Sehingga, dengan begitu masalah wifi lemot cepat teratasi dan pengguna bebas berselancar di dunia digital. Dan, tidak mengganggu aktivitas pekerjaan yang menggunakan jaringan wifi.

Penyebab dari Wifi menjadi lemot itu terdapat dua kategori. Kategori tersebut, yakni internal dan juga eksternal. Internal merupakan gangguan sinyal Wifi yang berasal dari dalam perangkat. Sedangkan untuk eksternal adalah gangguan jaringan wifi di luar dari perangkat.

Penyebab wifi lemot di hp

Penyebab wifi lemot di hp banyak faktornya, dapat berasal dari faktor internal ataupun faktor eksternal. Contoh penyebab wifi lemot di hp yang berasal dari faktor internal ialah :

  1. Terdapat kerusakan pada alat Router,
  2. Adanya pembatasan untuk penggunaan limit pemakaian jaringan wifi
  3. Pemilihan paket, serta kabel LAN yang menghubungkan pancaran jaringan wifi.
  4. Alat router bisa saja terputus
  5. Laptop pengguna sedang melakukan proses updating.

Sedangkan untuk penyebab wifi lemot di hp yang dikarenakan faktor ekternal merupakan gangguang yang berasal dari luar perangkat atau di luar kendali manusia. Contohnya, yaitu :

  1. Area tersebut sedang terjadi hujan lebat
  2. Di sekitar rumah terdapat banyak pohon besar, bangunan tinggi, ataupun telah banyak yang memasang jaringan wifi.
  3. Terdapat benda yang mengganggu aliran jaringan wifi.

Penyebab wifi lemot di hp dan cara mengatasinya

Penyebab wifi lemot di hp memang banyak sekali faktornya. Setelah, mengetahui penyebabnya hendaknya kita langsung mengatasi permasalahan tersebut agar pengguna tetap nyaman menggunakan jaringan wifi. Berikut penyebab dan cara mengatas wifi lemot, yaitu :

Baca juga : Menambah Subscriber Youtube Gratis

  1. Periksa terlebih dahulu pilihan paket internet

Langkah pertama sebelum membeli paket periksalah dengan teliti. Alasannya, karena sekarang banyak provider ataupun jasa internet lainnya yang mengiming – imingi dengan paket unlimited. Namun, tetap saja paket tersebut memiliki kelebihan maupun keunggulan. Kelebihannya yaitu mungkin dapat mengakses tanpa batas dengan diberi jangka waktu bukan batas kuota.

Sedangkan, untuk kekurangan tentunya ada batas limit kecepatannya.Contohnya, jika membeli paket internet yang unlimited akan terdapat namanya kuota internet utama 10 Gb. Setelah kuota internet tersebut telah habis, memang benar tetap bisa untuk digunakan di dunia digital. Akan tetapi, kecepatan jaringannya akan diperlambat.

  1. Jauhkan benda logam dari area router

Router menjadi salah satu barang penting untuk memperlancar jaringan Wifi. Sebab, benda tersebut  dapat mengirimkan data internet melalui jaringan. Supaya internet tersebut tetap lancar alias menjadi tidak lemot, lebih baik jauhkan dari benda-benda yang bersifat logam, antena Tv, magnet, dan juga besi.

Serta, barang-barang yang berbau elektronik lainnya.Kemudian, tempatkan pada posisi strategis yang tidak terbatas oleh tembok-tembok rumah ataupun  tembok kantor.

  1. Periksalah HP dan juga laptop

Selanjutnya periksalah HP atau laptop anda yang akan digunakan untuk mengakses internet. Hal yang perlu diperiksa pada hp atau laptop anda, seperti cache. Jika, memang terlihat banyak cache maka segera bersihkan cache tersebut. Selain itu, matikan juga auto update di HP dan juga laptop anda. Biasanya pengaturan tersebut terdapat ada di Playstore, Windows, Google Photos, dan lainnya.

  1. Penyedia jaringan ataupun provider internet sedang mengalami gangguan

Permasalahan yang satu ini di luar kuasa dari pelanggan untuk memperbaiki jaringan wifi yang lemot. Sebab, yang dapat mengatasi Wifi lemot dikarenakan gangguan dari pusat ialah dari teknisi mereka sendiri. Hal ini mungkin saja disebabkan karena terdapat tower yang rusak akibat kebakaran, terputus, dan juga permasalahan lainnya. Sebagai pelanggan kita bisa bersabar, namun boleh juga untuk menanyakan di call center penyedia jaringan ataupun provider internetnya.

  1. Terlalu banyak pengguna

Banyaknya dari pengguna Wifi tentu dapat membuat wifi menjadi lemot internetnya. Walaupun jaringan pada wifi sedang full. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan membatasi untuk pengguna Wifi. Selain itu, secara rutin gantilah password Wifi supaya tidak ada pengguna gelap yang menggunakan Wifi tanpa izin dari pemilik.

Baca juga : Menaikkan Resolusi Foto Online

  1. Operating System Belum Update

Setiap perangkat pada handphone yang digunakan baik itu Android, iOS bahkan hingga Windows sekalipun, sering kali diberikan sistem terbaru melalui versi terbaru OS-nya. Apabila pengguna belum melakukan update terhadap Android ke versi terbaru, bukan hanya tidak mungkin pengaturan wifi akan menjadi terganggu juga.

Maka, dari itu pengguna hp harus memastikan bahwa sistem perangkatnya telah terupdate ke versi terbari. Jika, belum update maka segeralah untuk update sistem ke versi terbaru.

  1. Router Tidak Support pada jenis handphone yang digunakan

Perhatikan juga untuk router wifi yang dikoneksikan pada perangkat hp pengguna. Apakah router tersebut telah support pada hp pengguna atau tidak. Jika tidak maka, tentunya wifi juga tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan tidak akan terkoneksi sama sekali dengan perangkat hp pengguna. Maka, sesuaikan lah router yang digunakan dengan hp pengguna agar wifi dapat terkoneksi dengan baik.

  1. Muncul Bug pada Software

ketika jaringan wifi sedang lemot namun tidak terdapat permasalahan sama sekali pada wifi tersebut, bisa jadi perangkat hp pengguna telah tercemari oleh bug. Masalah ini dapat diatasi dengan cara mengupdate software yang bertujuan untuk menghilangkan bug tersebut. Dengan begitu, tidak akan ada lagi gangguan yang membuat wifi menjadi lemot.

  1. Koneksi sedang Mengalami Gangguan

Tidak selalu masalah dari perangkat, jaringan wifi yang lemot pun dapat disebabkan oleh koneksi yang sedang dalam trouble atau gangguan. Meskipun, pengguna dapat mengatasi perangkat hp dengan berbagai cara namun, apabila yang terganggu adalah koneksinya maka hal tersebut akan sia-sia saja.

Nah, itu dia penyebab dan juga cara mengatasi wifi lemot pada hp. Jika anda merasa jaringan wifi anda mulai mengalami lemot, anda dapat mempraktekkan cara – cara tersebut. Karena jujur saja dengan adanya wifi lemot pasti akan mengganggu beberapa aktivitas. Jika, memang tidak mampu untuk mengatasi jaringan wifi yang lemot dengan sendiri pengguna wifi dapat memanggil teknisi.

Dan teksini tentunya akan segera bekerja untuk memperbaiki jaringan wifi anda yang lemot. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa era sekarang merupakan era digitalisasi. Dimana – mana telah canggih menggunakan segala kemudahan teknologi digital. Dan jaringan Wifi merupakan peran penting dalam penggunaan kemudahan digital tersebut. Jadi, saat jaringan wifi lemot beberapa pekerjaan dan aktivitas sehari – hari pun akan terganggu.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *