Aplikasi untuk membuka file xlsx

6 Jenis Aplikasi untuk membuka file xlsx Melalui Smartphone

Aplikasi untuk membuka file xlsx – Apabila menjumpai file dengan tipe xlsx yang dikirim ke smartphone melalui whatsapp atau aplikasi chatting lainnya, maka dapat diakses dengan mudah menggunakan aplikasi untuk membuka file xlsx. Perlu diketahui file xlsx merupakan jenis format dokumen Microsoft Excel Open XML Spreadsheet, dapat disimpulkan bahwa tipikal file ini dibuat menggunakan Microsoft Excel.

Tentu saja akan lebih mudah bila membukanya dengan PC atau laptop, karena dalam perangkat tersebut memang sudah terinstall Microsoft Excel. Seringnya masyarakat memilih efisiensi waktu dan tempat, sehingga menggunakan gadget smartphone untuk membuka file xlsx, perlu diketahui bagaimana cara membukanya, berikut ini adalah aplikasi untuk buka file xlsx melalui smartphone:

6 Jenis Aplikasi untuk membuka file xlsx Melalui Smartphone

aplikasi untuk membuka file xlsx
aplikasi untuk membuka file xlsx

1. Aplikasi yang Ada di Settingan Smartphone

Umumnya pada settingan smartphone sudah tersedia aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk membuka segala macam dokumen. Mulai dari Ms.word, Excel, PDF maupun lainnya. Jika menjumpai file xlsx yang dikirim melalui Whatsapp, berikut cara membukanya dengan aplikasi bawaan dari Smartphone:

  • Unduh file xlsx yang dikirimkan terlebih dahulu.
  • Buka menu file manager untuk masuk.
  • Cari dan pilih file dokumen yang tadi sudah diunduh.
  • File xlsx sudah bisa dibuka. Apabila Smartphone pengguna tidak memiliki aplikasi bawaan, ada lima aplikasi lainnya yang selanjutnya akan diterangkan.

Baca juga : Aplikasi Untuk Menghitung Masa Subur

2. Google Dokumen

Berbeda dari sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi Google Dokumen, pengguna Smartphone harus terlebih dahulu mengunduhnya di Playstore untuk Android, sedangkan Apps Store untuk Smartphone IOS.

Aplikasi ini sangat available karena mudah untuk di download. Aplikasi Google Dokumen sangat membantu karena bisa digunakan secara offline bahkan dapat juga membuat dokumen baru ataupun sekedar untuk keperluan mengedit.

3. WPS Office

Aplikasi untuk membuka file xlsx yang ketiga adalah WPS Office. Kepanjangan dari akronim WPS adalah Writer, Presentation dan Spreadsheets. Aplikasi ini sangat populer dan sering digunakan pengguna Smartphone dan dapat didownload di Play Store dan Apps Store. Tampilannya mirip dengan Microsoft Office sehingga pengguna bisa dengan mudah menggunakannya karena sudah familiar, sehingga bisa lebih fleksibel.

4. Spreadsheet

Sama dengan sebelumnya, aplikasi ini juga bisa didownload via Play Store dan Apps Store. Dalam format file xlsx yang berisi data angka maupun tulisan, gambar dan simbol dapat dibaca dengan sangat mudah, jelas dan cepat.

Baca juga : Aplikasi Untuk Mencatat Pengeluaran

Aplikasi Spreadsheet dapat digunakan secara offline. Pengguna dapat dengan mudah memasukkan berbagai data angka, tulisan maupun diagram dan lain-lain. Tampilan dalam aplikasi ini pun sangat mudah dipahami oleh pengguna pemula.

5. Xodo Docs

Meskipun tidak terlalu booming, namun aplikasi ini mampu membuat berbagai jenis file di Smartphone termasuk file xlsx. Kapasitasnya juga terbilang ringan, hanya membutuhkan ruang kecil di memori internal sebanyak 27 MB. Sangat membantu untuk Smartphone yang mempunyai memori internal minim. Selain itu aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

6. AndroXLS editor, lembar XLS

Aplikasi yang hanya bisa digunakan via Smartphone Android untuk mengedit spreadsheet XLS. Pengguna dapat memodifikasi data dengan fitur-fitur yang disediakan. Aplikasi ini menggabungkan fungsi file manager Android dengan perangkat lunak perkantoran open source untuk spreadsheet, LibreOffice.

Sekarang sudah tidak ada kesulitan apabila menerima file xlsx di smartphone, cukup pilih salah satu aplikasi untuk membuka file xlsx yang sudah dibahas atau jika sedang berada dekat dengan PC atau laptop, bisa lakukan tips berikut. Sambungkan Smartphone ke Whatsapp Web, unduh file xlsx dan otomatis dibuka via Microsoft Excel.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *